5 Tips Penting Dalam Memilih Nama Domain!

5 Tips Penting Dalam Memilih Nama Domain!

Memilih nama domain memang gampang-gampang susah, kenapa saya bilang begitu? karena memang tidak mudah memilih nama domain yang bisa di jadikan sebuah “brand“. Mungkin beberapa dari kalian sudah memiliki beberapa ide nama domain, namun tetap saja masih belum yakin apakah domain yang dipilih sudah bagus atau belum.

Untuk itu, langsung saja simak, apa saja sih tips penting dalam memilih nama domain?

1. Pilih domain yang dapat menjadi “brand

Domain yang bisa dianggap brandable itu terdengar unik, mudah di ingat, dan menonjol dibanding domain biasa lainnya. Contohnya seperti ini :

Jika Anda harus memilih, mana nama domain yang lebih baik?

  • ResepPastaOnline.com
  • PastaLabs.com

Kalau saya sendiri, saya akan menghindari penggunaan nama domain seperti ResepPastaOnline.com karena tidak bisa dianggap suatu brand dan hanya menargetkan kata kunci ResepPastaOnline.

Saya sangat suka dengan nama domain PastaLabs, terdengar seperti suatu brand bukan? tentunya juga unik, mudah diingat serta tidak panjang.

2. Gunakan domain TLD, seperti .com

Ya, sekarang memang sudah banyak nama domain yang tersedia, kenapa harus memilih .com? Jawabannya karena paling dikenal orang, paling mudah dijadikan sebuah brand dengan jangkauan yang luas.

Bukan sekedar dikenal, namun juga mempermudah orang awam yang kebanyakan lebih mengenali domain .com dibanding domain lainnya.

3. Nama domain pendek saja, namun tidak kepedendekan

Nama domain yang pendek tentunya akan lebih mudah diketik, diucap, dan nama domain juga tidak terlalu terpotong ketika dicari di google ataupun ketika dishare di sosial media.

Bila domain yang Anda miliki panjang, maka kemungkinan besar, google akan memotong nama domain yang terlalu panjang dalam hasil pencarian, sehingga membuat calon pembaca tidak bisa mengetahui nama lengkap domain tersebut di hasil pencarian.

4. Pastikan mudah diucapkan, diingat dan diketik

Bicara nama domain, akan lebih baik mudah diucapkan, diingat serta diketik, ini juga akan membantu orang awam agar lebih mudah mengenali nama website Anda.

Contoh domain fiverr.com

Mudah diingat bukan? namun tentunya pasti ketika membicarakan nama domain tersebut, kita hanya mengetahui bahwa nama domain tersebut hanya menggunakan 1 huruf r saja. Maka dari itu mereka juga membeli domain fiver lalu orang yang mengetik domain fiver.com akan diarahkan kedomain fiverr.com.

Contoh ke 2 domain dribbble.com

Memiliki 3 huruf b, dimana orang awam tahunya hanya memiliki 2 huruf b, permasalahannya domain tersebut tidak membeli domain dribble.com, maka dari itu pastinya banyak orang yang masuk ke domain dribble.com dan itu juga merupakan suatu kesalahan.

Oleh karena itu akan lebih buat Anda memilih domain seperti PastaLabs.com dibanding dengan nama domain yang lebih susah di ingat, ataupun diketik.

5. Hindari penggunaan trademark pada nama domain

Jangan coba-coba menggunakan nama domain yang mirip dengan trademark atau merek dagang milik orang lain, karena Anda mungkin akan di tuntun untuk hal itu.

Contoh PemilikFacebook.com

Jika Anda menggunakan domain seperti itu, tentu ada kemungkinan Anda akan dihubungi oleh pihak facebook dan akan di tuntut dengan biaya yang besar.

Maka dari itu selalu berhati-hati dalam memilih nama domain, selalu cek kembali nama domain yang dipilih apakah sudah menjadi merek dagang orang lain atau belum.

Itulah 5 tips dari saya, yang mungkin bisa membantu Anda dalam memilih nama domain yang brandable!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *